-->

Keutamaan Surah Al-Fath (Download Juga Mp4nya Gratis)

Al Fath artinya adalah kemenangan adalah surat ke 48 dalam Al Quran yang berisi 29 ayat.  Imam Qurthubi mencatat 3 hal terkait surat Al Fath ini sebagai berkut:

1. Surat berisi berita kemenangan yang nyata
Dalam shahih Al Bukhari dan Muslim dari Zaid bin Aslam dari ayahnya, bahwa Rasulullah Saw berjalan disalah satu perjalanannya dimalam hari bersama Umar bin Khatab Ra. Umar bertanya sesuatu kepada Rasulullah Saw tidak menjawabnya. Lalu Umar bertanya lagi Rasulullah Saw tidak menjawabnya. Kemudian Umar bertanya lagi dan Rasulullah tidak menjawabnya.
“Aku mendesak Rasulullah Saw tiga kali dan rasulullah Saw tidak menjawabnya. Selanjutnya Umar berkata : Aku menggerakkan tungganganku kemudian aku maju dihadapan banyak orang, Aku takut Al Quran akan turun karena sikapku. Aku masih berbuat demikian sampai aku datang kepada Rasulullah Saw lalu mengucapkan salam kepadanya. Beliau bersabda:
Telah diturunkan surat kepadaku pada malam ini, surat yang lebih aku senangi daripada matahari terbit” kemudian beliau membaca: Sesungguhnya Kami telah meberi kemenangan kepadamu dengan kemenangan yang nyata (Al Fath:1)

2. Surat yang lebih disukai Nabi Saw dari seluruh isi dunia
Muslim meriwayatkan dari Qatadah dari Anas bin Malik yang memberitahukan kepada mereka, ia berkata: Ketika diturunkan ayat : Sesungguhnya kami telah memberi kemenangan kepadamu kemenangan yang nyata (Al Fath : 1)) sampai fauzan azhima(Keberuntungan yang besar) (Al fath:5) adalah sekembalinya Nabi Saw dari Hudaibiyah dan para sahabat diliputi duka dan telah sempurnalah hidayah Hudaibiyah. Lalu Rasulullah Saw bersabda:
Telah diturunkan kepadaku malam ini surat yang lebih aku sukai daripada seluruh isi dunia

3. Penjagaan Allah setahun bagi yang membaca surat itu  dalam shalat sunatnya
Al Mas’udi berkata: Telah sampai kepadaku bahwa orang yang membaca surat al Fath pada malam Ramadhan dalam shalat sunat maka ia dijaga oleh Allah di tahun itu.


Zaid ibn Aslam ra. dari ayahnya, ia berkata :
Suatu ketika dalam sebuah perjalanan Rasulullah saw dimana Umar ibn Khattab ra. ikut bersamanya, baginda ditanyai sesuai oleh umar, namun tidak juga dijawab. Kemudian Umar menanyakannya lagi namun belum juga dijawab, kemudian Umar menanyakannya lagi namun tidak dijawab. Umar pun berkata (kepada dirinya sendiri) : Semoga ibumu kehilanganmu 3x dan beliau tidak menjawab. Umar berkata : Kemudian aku menggerakkan untaku sampai akhirnya aku sampai ke depan orang banyak. Aku takut akan turun ayat al-Qur’an yang menegurku. Tidak lama kemudian aku mendengar orang memanggilku. Aku berkata : Aku takut al-Quran akan turun menegurku. Kemudian aku menghampiri Rasulullah SAW, kemudian memberi salam kepadanya. Rasulullah SAW bersabda : Semalam telah turun kepadaku surah, sungguh surah itu lebih aku senangi dari apa yang disinari matahari (dunia seisinya). Kemudian Rasulullah SAW pun membaca :
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata. (Al-Fath 48 : 1)
Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari (hadis no.5012), Malik (hadis no.427), Ahmad (hadis no.204) dan al-Tirmidzi (hadis no. 3185)

Berikut Link Download Video Surah-Alfath Dengan Pembacaan yang Merdu Download Surah Al-Fath


0 Response to "Keutamaan Surah Al-Fath (Download Juga Mp4nya Gratis)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel